Pertama-tama sebelum kita masuk lebih jauh nih..kk akan sharing the
common pronounciation buat Pemandu lalu lintas udara.
1. EI TI Si
2. A TE SE
3. ATECE (it’s a big NO !!!)
Next. Apa sih ATC itu? Air Traffic Controller atau ATC
adalah petugas yang bekerja di suatu bandara dan bertugas untuk memandu atau
mengatur pergerakan pesawat di wilayah kerjanya agar pesawat-pesawat tersebut
dapat terbang dengan Aman dan Lancar.
Kalau kalian ke bandara , coba deh perhatikan ada
bangunan tinggi berbentuk Menara /tower, disitulah tempat ATC bekerja, dari
tower ini petugas mulai memandu pesawat yang kelihatan dengan mata secara
visual..kemudian pesawat-pesawat tersebut selanjutnya di pandu oleh unit lain
yang bernama approach control unit atau
APP..di unit APP ini pesawat sudah terbang jauh dan tinggi sehingga tidak bisa
dilihat oleh mata..unit APP sendiri ada 2 jenis..ada unit APP non radar yang
memandu pesawat secara manual dan ada unit APP radar yang memandu pesawat
menggunakan bantuan radar, tergantung dari fasilitas yang dimiliki oleh bandara
tersebut.
Disisi lain, Untuk pesawat yang terbang lebih tinggi
lagi yaitu diatas FL 24.500 kaki, akan dipandu oleh unit lain yang bernama Area
Control Center atau ACC. Peralatan Navigasi di untit ACC terbilang canggih
karena semua pesawat yang terbang di wilayah udara Indonesia diatas ketinggian
24.500 kaki hanya di pandu dari 2 tempat saja. Yaitu ACC Jakarta, untuk bagian
Indonesia tengah ke barat dan ACC Makassar untuk bagian Indonesia tengah ke
timur…hebat kan..
Anyway kalian pasti bertanya-tanya kenapa sih pesawat
harus dipandu, ga seperti mobil/motor aja..Well, sebenarnya di langit itu ada
jalanan juga seperti di daratan,,tapi bedanya jalanan tersebut tidak bisa di
lihat secara kasat mata. Dengan bantuan alat navigasi, barulah jalanan tersebut
bisa dalam tanda kutip “terlihat” oleh pilot dan ATC. Tetapi yang jadi masalah
, pilot tetap tidak bisa bernavigasi sendiri karena pesawat merupakan moda
transportasi berkecepatan tinggi , bayangkan saja untuk tipe pesawat jet jarak
2 kilometer bisa tempuh hanya dalam waktu 10 detik saja..disisi lain pesawat
itu ga ada akaca spionnya seperti mobil/motor karena ga ada gunanya juga kalo
dipasang..jadi bisa dibayangkan apa yang terjadi kalau dalam satu rute ada
beberapa pesawat yang terbang di ketinggian yang sama dalam waktu yang berdekatan.
Atau apa yang terjadi bila pilot tidak familiar dengan area yang di
terbangi..Jadi itulah gunanya Team work, Pilot tidak bisa bekerja sendiri tanpa
dukungan dari unit-unit lain…salah satunya ATC. Karena itu, mulai dari
menghidupkan mesin, terbang dan mendarat di bandara tujuan, teman2 pilot harus
terhubung dengan petugas ATC. Mereka harus mengikuti instruksi dari petugas ATC
agar penerbangan tersebut dapat berjalan aman,nyaman dan lancar.
Btw, sepertinya profesi ATC itu adalah profesi yang
penuh tekanan dan tanggung jawabnya besar ya??? Hmmm. To be honest…tanggung
jawabnya memang besar..tapi tenang aja,,jadi ATC ga seribet yang kalian
pikirkan kok…menurut pengalaman kk pribadi,,selama kita enjoy and focus on
safety ..profesi ATC itu adalah profesi yang menarik dan penuh
tantangan,,,cocok buat kalian yang tidak suka sesuatu yang sifatnya monoton
alias itu..itu aja…karena selama pendidikan kita sudah dilatih sedemikian
rupa…jadi ketika di lapangan kita bisa enjoy atau setidaknya menjalani amanah
ini dengan baik.
Oh ya,,selama berkomunikasi dengan pilot, ATC
menggunakan bahasa Inggris penerbangan yang dinamakan Phraseology,tetapi
terkadang kita menggunakan plain language atau bahasa ingrris sehari-hari
karena apa yang akan kita atau pilot sampaikan tidak ada dalam Phraseology,
karena itu petugas ATC wajib bisa berbahasa inggris at least speaking. Banyak
yang bertanya sama kk , kak bahasa inggrisnya harus jago ya kak..? sebenarnya
kalian ga harus jago bahasa inggris untuk
jadi ATC, tapi minimal bisa speakinglah dan mengerti maksud lawan
bicara. Setelah di pendidikan bahkan di dunia kerja, bahasa inggris kalian akan
di brush up atau di polish lagi sehingga semakin-hari semakin lancar,,,KK juga
waktu masuk ga lancar2 amat…tetapi sampai sekarang kk masih terus belajar
mengasah kemampuan bahasa inggris kk secara mandiri.
No comments:
Post a Comment