My Course : PLLU 2 ATKP Makassar

My Course : PLLU 2 ATKP Makassar

Thursday 24 January 2013

Air Trafic Controller (ATC) : ALLU, PLLU

Welcome back...setelah diuraikan satu per satu tentang sekolah penerbangan yang bersubsidi dibawah naungan DEPHUB..pasti kalian bingung sama jurusan2 yang dibuka disitu,,,I know,karena selama ini profesi di dunia penerbangan yang familiar cuma Pilot dan pramugari.
Sebenarnya ada banyak profesi di dunia penerbangan saat ini, karena dunia penerbangan sendiri prinsip kerjanya team work yang saling mendukung satu sama lain untuk mencapai  3S+1C (Safety, Security, Service through Compliance).
here I share one by one ....check it dot!!!!


1.D IV  ALLU ( Ahli Lalu Lintas Udara )
   D III  PLLU ( Penilik Lalu Lintas Udara)

Nama keren dari jurusan ini adalah Air Traffic Controller (ATC)
belakangan ini profesi ATC menjadi Trend topic di media massa setelah kasus kecelakaan pesawat sukhoi superjet  100.( final result penyelidikan KNKT menyatakan bahwa ATC ga bersalah)
Tugas utama dari seorang ATC adalah memberikan pelayanan lalu lintas udara yang aman agar tidak terjadi tabrakan antar pesawat dengan pesawat  maupun pesawat dengan  obstacle (gunung,bukit, kendaraan,orang dan sebagainya)  yang berada di area sekitarnya selama pesawat itu beroperasi.
Jadi, pilot mulai dari  menghidupkan engine (start up) sampai terbang dan mendarat kembali dibandara harus minta ijin dan mengikuti perintah petugas ATC yang bertugas diwilayah tersebut.
ATC sendiri bekerja ditempat yang memiliki posisi paling tinggi dibandara..alias di tower...(berkedudukan tinggi dan berwawasan luas wkwkwkwk)

Oh ya just info aja nih..kalo kalian mengambil jurusan D III PLLU nantinya kalian akan mendapat lisence (sejenis sertifikat untuk menjadi ATC) Senior Air Traffic Controller  yang artinya kalian bisa memandu pesawat yang masih keliatan oleh mata ( di Tower ) dan memandu pesawat yang udah ga keliatan di suatu ruangan yang bernama APP(approach control office) yang ga ada pelayanan radarnya (non radar) .

Tetapi kalo kalian mengambil jurusan D IV ALLU kalian bisa memandu pesawat di tower, maupun diAPP non radar, dan di APP radar (APP yang ada pelayanan radarnya).

Buat yang berencana mengambil D III PLLU jangan khawatir bakal ga bisa memandu pesawat di APP radar, karena begitu kalian kerja dan ada kesempatan, kalian bisa melanjutkan diklat radar selama kurang lebih 3 bulan  sehingga kalian bisa merasakan sensasi memandu pesawat dari ruang APP/ACC radar seperti dibawah ini..
So..persiapkan diri kalian mulai dari sekarang, terutama kemampuan bahasa Inggris kalian, karena seorang ATC memandu pesawat dengan bahasa Inggris khusus yaituPhraseology ( bahasa standar yang digunakan untuk menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi). Be ready !!!

252 comments:

  1. kak, kok alamat situs stpi yg pendaftran online gk bisa di buka ya?
    www.sipencatar.stpicurug.ac.id
    saya pengen daftar online, tp ternyata web browser bilang itu gak bisa d akses. bisa tolong pengetahuannya. trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rahma sori baru dibalas...
      biasanya klo situs tersebut ga bisa di akses disebabkan meningkatnya jumlah pengunjung disitus tersebut pada saat rahma membukanya..(overload) dan hal itu dapat terjadi berhari-hari...kalau rahma udah mencoba tp ttp aja ga bisa, rahma daftar aja manual (lengkapi persyartan yang form pendaftaran trus datang k sekolah/kantor perhubungan yg tertulis di form pendaftaran itu,kalau rahma ga sempat bisa kok diwakili sama sodara ato orang tua :)

      Delete
  2. kak mau nanya nii,,aku kan masih sma ni yaa,,,selain bahasa inggris,,materi ap aj yang diwajibkan di sekolah penerbangan nii???

    ReplyDelete
  3. kak minta informasinya,,,kalo materi yang diwajibkan disana selain bahasa inggris apa aja yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai tirta sori baru balas,kk baru baca ...
      selain bahasa inggris ,matematika,fisika dasar sama TPA (udah kk jelaskan di blog ini) good luck ya..oh y klo mau nanya2 lgi silahkan lewat email :)

      Delete
    2. Saya boleh minta id line atau pin bbm ka? Serius ka hehee

      Delete
  4. hy kak.. rencana aku mau lanjut dijurusan ini diATKP makassar.. kasi bocoran dong kak tentang Test Kesamaptaan.. sperti push upnya berapa kali?apa aja yang mesti dilakuin saat tes.. mohon dibantu yah kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantuin jawabnya hehe, kalo di STPI tahun kemarin kata pembimbingnya sih, untuk push up minimal 25, pull up 8-12, lari (3x400)m, shuffle run (lari angka 8) sebanyak banyaknya asal jangan sampai salah jalur dan nyentuh tiang karna kalo sampai ngelanggar langsung di diskualifikasi. itu aja sih info dari tahun 2013 di stpi

      Delete
  5. hai arfi kakak udah lupa persisnya berapa kali push up dsb..tapi yg pasti ada test lari keliling lapangan,push up.pull up(khusus cowo),sit up dan sebagainya..di daerah tertentu kadang ada test renang juga...kak sarankan mulai dari sekarang rajin2lah latihan,,minimal lari2 di kompleks rumah tiap pagi dan sore...

    ReplyDelete
  6. Kak aku mau minta saran dari kaka, tahun ini aku mau nyoba daftar stpi tapi masih bingung milih jurusan antara TNU sama PLLU ka, aku mau ngambil PLLU tapi aku ngga jago bahasa inggris, menurut kaka aku lebih baik pilih jurusan apa ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau daftar dimana tahun ini? kalo stpi kenalan dong haha kebetulan saya juga mau daftar tahun ini jadi cari temen dulu

      kalo masalah bahasa inggris ada temen kakak saya bilang untuk bahasa inggris memang wajib, tapi bahasa inggrisnya gak terlalu susah, maksudnya itu bahasa inggris baku penerbangan seperti estimate, landing ya gitu2 deh. tapi kalo grammar memang harus fasih katanya sih, hehe

      Delete
    2. Di stpi, oh gitu thanks ya sarannya :)

      Delete
  7. hai dik saran kakak ikuti kata hatimu..kalau mmg mau PLLU kamu harus belajar bahasa inggris..jangan kamu menghafal vocab y..itu ga akan optimal..cobalah rajin membaca artikel/lirik lagu bahasa inggris dan terjemahkan..atau cari partner yg bisa diajak bicara dlm b.inggris..itu lebih effektif..krn disaat kamu stag ingin ngomong sesuatu dlm english tp kamu ga tau apa kata itu..pasti kamu akan berusaha mencari artiinya..shingga perbendaharaan vocabmu akan bertambah.good luck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya ka atas sarannya, aku kemarin habis daftar akhirnya aku milih jurusan TNU aja ka ^^

      Delete
  8. halo sist, apa kabar ? sehat aja kan? (ceileh sksd banget) haha

    okedeh langsung aja, sis kalo perbedaannya TNU, PLLU, ALLU itu apa sist? dari yg dipelajari sampai jenis pekerjaan nantinya.

    saya sedikit bingung, kalo jurusan ALLU saya lihat tidak ada di STPI curug, adanya di mana sis?

    kebetulan saya kemarin catar tahun 2013 jurusan PLLU di stpi curug tapi gagal di psikotest haha

    saya punya beberapa informasi tapi saya tidak yakin ini benar apa tidaknya, kalo jurusan TNU itu lebih ke perawatan dan pengecekan alat alat navigasi yang ada di bandara.
    sedangkan PLLU itu yg memandu pilot dari mesin pesawat di nyalakan sampai mesin pesawat di matikan.
    kalau ALLU saya baru denger dari blog sista ini, jadi saya tambah galau deh milih jurusan tahun ini hahaha

    satu lagi ya sis, kalo yg namanya ATC itu mencakup yg ada di tower/Aerodrome Tower saja atau yg berada di ruangan APC dan ACC ?

    oiya sis, boleh minta email gak? biar lebih afdol tanya jawabnya hehe

    Makasih sebelumnya sis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cahyo boleh Tanya nggak tntg tes tulinya ?
      apa kayak stan gitu tesnya atau gimana ?

      Delete
  9. hai dik, panggil aku kakak aja ya jgn sist :)
    kalau d3 atc itu PLLU kalau d1V atc itu ALLU, ALLU ga tiap tahn dibuka dik..
    seseorang dikatakan ATC (air traffic controller) kalau dia sudah memiliki lisence (semacam SIM untuk memandu pesawat) baik yang diwilayah tower /ADc,app,or Acc (bisa salah satu ,atau semuanya) contohnya kamu memiliki lisence d3 PLLU artinya kamu bisa di twr/adc dan bisa di app/acc (non radar)..kamu udah bisa disebut ATC, tetapi seandainya kamu bekerja dibandara perintis yg cuma ada service Tower/adc aja kamu tetap aja disebut ATC..

    ReplyDelete
  10. halo kak aku mau tanya, kalo jurusan teknik penerbangan apa harus jago di fisika sama matematika? terus testnya susah2 nggak? kemarin aku daftar di sekolah kedinasan perikanan bukan di penerbangan apa testnya itu hampir2 sama dari jenis soal dan lainnya? mohon jawabanya kak, terimakasih :)

    ReplyDelete
  11. kak, aku pengin kerja di tempat sekeren itu dan secanggih itu, lagipula sering menggunakan bahasa inggris pasti ngmong inggrisnya cas-cis-cus, tpi bsa masuk di stpi ga ya, katanya kalo msuk sekolah yang eksklusif kayak ini harus ada orang dalamnya?

    ReplyDelete
  12. hai Laksmi kalau soal testnya kakak kurang tau ya sama atau ga, tapi pengalaman kakak dulu (kakak sempat daftar di STAN,STIS juga) soal2nya agak beda (lebih gampang Perhubungan/Sipencatar) tapi yang pasti test bakat skolastik/Test potensi akademiknya mirip2...(kakak udah bahas di blog ini)
    kalau soal orang dalam, itu tergantung pribadi masing2 sih (optimis apa pesimis)..kakak sendiri dari masuk sampai kerja ga pernah pake yg gitu2an,begitu juga adik kakak yg sekarang udah lulus jur.TPU,,,semuanya lulus murni...:)

    ReplyDelete
  13. kak, kalau di ATKP surabaya apa benar jurusan yg PLLU kalau dari SMA IPS bisa masuk? tapi kalau di STPI Curug jurusan PLLU bisanya kalau SMA cuma IPA??
    nah itu penjelasannya bagaimana kak? mohon jawabannya, thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dik coba cek lagi formulir pendaftarnnya,,,tiap sekolah syaratnya beda2 sih:)

      Delete
  14. kak , saya klo bekas patah tulang di tangan (terlihat bengkok) apa masih mungkin mengambil jurusan PLLU ini di STPI ?

    ReplyDelete
  15. Bisa aja dik, kan ATC kerjanya didalam ruangan..ngomong doang sambil mikir n nulis:)
    yang penting kamu PD karena ga ada satu manusiapun yg sempurna termasuk semua yg daftar jdi TARUNA...kuncinya berdoa dan memohon pada Tuhan YME ..kalau Tuhan berkehendak dan jalanmu disini percaya deh kamu pasti lulus..Tidak ada yg mustahil

    ReplyDelete
  16. Kak, mau nanya. Kalo mau daftar jadi ATC apa sekolahnya emang harus formal..?? Dengan kata lain yg ikutan program penyetaraan sistem Paket C setara SMA nggak bisa ikutan mendaftar...??

    ReplyDelete
  17. Hai dik coba baca lagi syaratnyadi formulir,,disitu kan tertulis lulusan SMA ,paket C itu kan setara sama SMA jadi ga ada masalah...coba aja dulu daftar..oh y pas daftar diam2 aja ga usah bilang klo kamu paket C...cuek aja:) klo mmg rejekimu disini percaya deh kamu lolos,,intinya berdoa saja mohon pada Tuhan Yang Maha Kuasa ...
    ---licik seperti ular tapi tulus seperti merpati---

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Kak mau tanya dong. Apakah ada sekolah untuk menjadi ATC selain sekolah di bawah naungan Dephub (STPI dan ATKP)? Terima kasih

    ReplyDelete
  20. maaf kak mau tanya kalau pllu boleh berkacamata tidak?

    ReplyDelete
  21. kak mw tanya kira" pendidikan yg di ATKP Makasar itu kaya gimana ?

    ReplyDelete
  22. @narfiyan: selain ATKP n STPI ga ada dik sekolah buat ATC sipil...klo ATC militer ada..tapi terbatas untuk anggota TNI aja,,jadi kamu harus jdi TNI dulu baru sekolah disitu.
    @sevika Putri: hai dik aturannya tidak boleh berkacamata..tapi test aja dulu,,bagi Tuhan ga ada yg mustahil...kalau rejeki kamu jadi ATC pasi kamu lulus..
    @Wandi: pendidikan di ATKP/STPI semuanya sama dik..semi militer:) ga da yg beda

    ReplyDelete
  23. Dari STTA (Sekolah Tinggi Teknik Adisutjipto) Yogyakarta bisa gak, Kak ? Soalnya ada jurusan Teknik Penerbangan. Saya masih SMP tapi sudah tertarik... tks :D

    ReplyDelete
  24. Hai dik klo u/ jur.ATC sendiri sampai saat ini sekolah yg mndapat approval dari ICAO hanya stpi dan atkp.
    Jur.teknik penerbangan itu beda sama atc.klo d stpi/atkp namax TPU (teknik pesawat udara) klo kerja nti jd engineer/mekanik/teknisi pesawat.

    ReplyDelete
  25. Kak aku udah diterima di stpi jurusan atc tahun ini. Nah september nanti aku mulah asrama ka, 3bln pertama itu kan ada semacam diklat ya kak, itu disuruh ngapain aja ya kak? Dan ada aktivitas apa aja ka? Trimakasih sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
  26. Hai dik...selamat ya udh lulus ..
    Ceritanya banyak sih..ga seru diceritain duluan.
    Tar kulit2nya aja kakak post d blog ini ya..biar seru. .
    Kk lg cari jg foto2 kakak yg dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kak terimakasih yaa�� yahhhhh aku jadi takut gitu nih kak hehe tp seru kan kak??? Ga menyeramkan gitu? Hihihi

      Delete
    2. syifa boleh Tanya Tanya nggak ?

      Delete
    3. tesnya tulisnya dulu gimana ?
      kayak stan gitukah ?
      oh iya biaya masio LLU brp ya ?
      apakah boleh berkacamata ?

      Delete
  27. Ka, saya ingin bertanya.
    Saya mempunyai impian ingin menjadi seorang atc tetapi saya masuk diluar univ/ST penerbangan, dan jg saya masuk di jurusan Ilmu Komunikasi, apa itu bisa ka?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dik untuk saat ini sekolah di Indonesia yg bisa mendidik ATC hanya STPI dan ATKP😢 selain itu tidak ada lagi...
      batas usia maks untuk daftar taruna stpi/atkp 23 tahun.
      Kalau usia kamu udh lewat...msh ada jalan lain kok buat jadi ATC..yaitu sekolah d luar negeri..(yg plg dekat d SAA-singapore.tapi biayanya mahal krn ga disubsidi kayak d indonesia.kamu bisa usaha cari beasiswa kok) good luck

      Delete
  28. kak saya mau nanya persiapan apa aja yang harus di siapkan dari sekarang soalnya tahun sekarang saya lulus SMA rencana mau lanjutin ke sekolah penerbangan yang ada di daerah curug tanggerang ..

    yang saya bingungkan masalah biaya , mahal ga kak kalo sekolah di penerbangan ?? khususnya ke jurusan pllu jadi ATC ?

    ReplyDelete
  29. kak persiapan apa aja yang harus di siapkan dari sekarang ? soalnya tahun sekarang saya lulus SMA rencana saya mau melanjutkan ke sekolah penerbangan yang ada di daerah curug tanggerang ...
    yang saya bingungkan masalah biaya , mahal ga ka sekolah ke penerbangan ? khususnya ke jurusan pllu jadi ATC ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dik kk doain y smg cita2mu trcapai..
      Masalah biaya kk kurang tau..krn tiap tahun berubah2..
      Sbgai gambaran Kakak prnh bahas ini di salah satu postingan d blog ini(lupa judulx apa..cari sendiri aja ya..)
      Tapi kalau setau kakak..yg relatif murah itu d atkp krn subsidi pemerintah selalu ada tiap tahun..klo d curug kadang ada angkatan yg subsidi full (gratis).ada yg separuh(50:50).ada yg swadana alias bayar sendiri ..good luck

      Delete
  30. oh gitu yah kak , tapi kak persiapan apa saja yang harus saya siapkan dari sekarang ?
    agar nanti saya sudah siap dan tidak tegang menghadapi sleksi" ke jurusan ATC ..
    sebelumnya makasih yah kak atas do'anya :) (amin )

    ReplyDelete
  31. U/ persiapan yg pertama tentunya kita harus mengandalkan Tuhan Yang Maha Kuasa itu kuncinya,doa restu orang tua, bahasa inggris,banyak latihan soal2 sipencatar(bisa didapatkan d toko buku d bagian psikotest/test pengetahuan akademik (TPA) atau test bakat skolastikat.olahraga,jaga kesehatan..terutama asap rokok..u/ lebih rincinya ada kakak bahas di.blog ini.good luck

    ReplyDelete
  32. oh gitu yah kak , makasih atas informasinya insyallah saya akan bersungguh-sungguh agar bisa masuk ke jurusan yang sudah lama saya impikan :)
    .
    eh.... kak satu lagi mau nanya , tentang masalah pengumuman pendaftaran soalnya saya masih bingung untuk pendaftaran yang angkatan 2015 di bukannya bulan apa ?

    ReplyDelete
  33. U/ sipencatar tiap tahun biasanya bln februari udh dibuka..bagi yg msh kelas 3 sma..cukup membawa surat keterangan duduk dikelas 3 sma.rajin2lah search d google dgn keywords sipencatar dephub 2015

    ReplyDelete
  34. makasih kak atas informasinya :)

    ReplyDelete
  35. kak, tes kesehatan buat yang penerbang sama non penerbang itu sama apa ga ya? insyaAllah taun depan mau daftar stpi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dik..test kesehatannya beda...lebih ketat jurusan penerbang krn disesuaikan juga dgn jurusannya..kan kondisi kerja di daratan beda sama yg kerja di udara😊

      Delete
  36. kak maaf saya mau nanya lagi , kan saya nanya ke temen di curug katanya dulu biaya ke stpi menjadi seorang atc geratis kalo sekarang bisa di taksir 60 jt sampe dengan selesai , apakah bener itu teh kak ? karena menurut saya terlalu mahal -_-
    yang saya ingin tanyakan berapa biaya yang realnya ? terus kalo boleh saya minta saran dari kakak hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dik jgn khawatir soal dana tiap tau beda2 kok..kita ga tau klo taon depan bisa lbh murah bahkan gratis..(kk udh bahas soal ini di blog ini)..coba kamu cek ya..

      Delete
  37. permisi kak mau tanya nih, kalau jurusan ips bisa nggk daftar jadi atc soalnya ada rencana mau masuk atkp makassar

    ReplyDelete
  38. kak maaf sebelumnya boleh saya minta pin kakak ? soalnya saya ingin lebih tahu tentang atc :)

    ReplyDelete
  39. @thiesna: peraturan sipencatar tiap tahun beda2..berdoa aja..biasanya( hanya )atkp makasar yg menerima jurusan ips u/ ATC.
    @dadang:maaf tanyanya via email aja ya: lindachandler2012@gmail.com kalau sempat pasti kk balas

    ReplyDelete
  40. oh sip kak :)
    kak saya masih bingung masalah pendaftaran soalnya saya lihat di spicatar untuk angkatan 2014/2015 pendftaran sudah di tutup karena pendaftaran di mulai tgl 3 maret sd 16 juni 2014 , berarti apakah saya sudah telat untuk mendaftar ? terus kalo begitu untuk angakat 2015/2016 apakah saya harus menunggu 1 tahun lagi ?
    atau nanti maret sekarang akan dibuka lagi pendaftaran untuk angakatan 2015/2016 ?
    mohon di maklum yah kak hhe

    ReplyDelete
  41. Sekitar maret nanti 2015/2016 dik😀 tenang aja ga terlambat kok

    ReplyDelete
  42. ka stpi buka pendaftaran bulan apa ya? dan kalo mau jadi atc di stpi ngambil jurusan apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bani: pendaftaran dibuka sekitar bln maret _juni ..rajin2lah cek d google dgn keyword: sipencatar dephub 2015. Di atkp n stpi semuanyap endidikan ATC sipil..(yg militer itu klo TNI) pas daftar nt..ambil jur. D3 PLLU atau D IV ALLU

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. masalah nggak ka kalo misalnya berat badan saya nggak ideal? masukan nya ya kak, impian banget ini jadi seorang atc, bahasa inggris udah saya tingkatkan trus, gimana ka masalah apa nggak?

      Delete
    4. Soal bb sih ga trlalu masalah selama ga kurus2/gemuk2 amat..khan didalam juga di latih tiap hari jd otomatis.bb jadi ideal..kk juga dlu ga ideal kok tb/bb 166/44kg hehehehe..masih ada wktu dik..rajin2 olahraga supaya sehat n bb ideal..

      Delete
  43. kak kalo jurusan ips bisa gak?

    ReplyDelete
  44. Aturan sipencatar tiap tahun berbeda2..tapi biasanya d atkp makassar terima jur.ips.

    ReplyDelete
  45. Tahun 2014 kemarin atkp surabaya terima jurusan ips kok, saya jg dr ips, 2014 kemarin cuma sampai tahap 2 alias pantukhir :') meski saya blm di terima di skolah berbasis penerbangan saya tetap cinta dunia penerbangan haha :')
    Persiapkan diri kalian dr skrg yg mau daftar atkp, yg dftar ribuan, yg ditrima cuma 150! Fisik mental otak PLUS jgn lupa selalu berdoa dan minta doa orang tua, semangat!!!!

    ReplyDelete
  46. kak, tahun ini dan tahun depan apakah di ATKP Sby masih membuka jurusan keselamatan penerbangan D III PLLU ?? dan gimana tes kesehatan dan kesamaptaanya?? aku takut di tes itu....,,
    mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai shika u/ kepastiannya tunggu aja pengumuman sipencatar 2015/2016..dengar2 maret ini udh mulai dibuka..u/ yest kesehatan n kesamaptaan udh kk bahas di blog ini..dibaca2 aja ya..

      Delete
  47. Kak, mau tanya. Biaya pendidikan atc itu berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dik u/ biaya ga sama tiap taon ..lebih jelasnya coba baca postinganx kk ttg financial preparation atau pas sipencatar tanyakan langsung ke kampusnya..

      Delete
  48. kak, apa tes samapta cewe dan cowo beda???
    aq boleh minta pin ngga kak,, lewat email di atas yg udh kaka kasih tau...
    boleh kan kak??

    ReplyDelete
  49. kak, sorry ni sblumnya. mau tanya biaya kakak sendiri selama pendidikan kmren itu berapa? saya jga tertarik mau ambil jurusan PLLU kak
    untuk persiapan ajaa.
    ini bisa dari program IPSkan kak?
    tp kenapa saya lihat contoh soal ada soal fisika ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dik sipencatar 2015 udah dibuka..Puji Tuhan taon ini persyaratannya blh dri IPS/SMK..klo u/ fisika cuma fisika dasar kok yg prnh kita pelajari wktu smp/sma kelas 1..u/ biaya udah kk share d blog ini..dibaca2 aja ya..

      Delete
    2. dimakassar boleh kak program IPS ambil PLLU?kalau di atkp surabaya gimana kak juga boleh kak program ips ambil jurusan PLLU?

      Delete
  50. Kak, saya lihat di sipencatar 2015. Tertulis persyaratan : Usia maksimum 23 tahun pada bulan September 2015, tapi sungguh disayangkan usia saya tahun ini sudah melewati angka tersebut.

    Menurut kakak, adakah cara lain untuk menjadi ATC selain melewati jalur sekolah penerbangan?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. U/ di Indonesia sendiri jalur regular u/ jd ATC sipil hanya sipencatar..tpi kadang juga ada jalur khusus (ga setiap tahun ada) seperti pendidikan ATC u/ pegawai yg bekerja d lingkungan dinas perhubungan ,atau 2 tahun lalu prnh ada ikatan dinas dari angkasa pura untuk penerimaan d2 ATC khusus buat lulusan s1 dari umum.
      namun di luar negeri, pendidikan ATC itu ga ada batasan usia kayak sipencatar kok..bisa juga kamu ambil lisence ATC di luar negeri misal:s'pore/australia..namun biayanya besar (di Indonesia: dpat subsidi pemerintah)..u/ gambaran biaya coba deh browsing2 di google: Singapore Aviation Academy (SAA)..good luck

      Delete
  51. Kak, untuk tahun lalu tau gak untuk jurusan PLLU yang diterima berapa ?

    ReplyDelete
  52. Kk krg tau dik..biasanya satu kampus buka satu course(kelas)..dalam satu kelas ada 20-30 taruna/i.

    ReplyDelete
  53. kak mau tanya nih kalau bb diatas 60 dan tb 160 bisa masuk gak kak, sebelumnya terimakasih :)

    ReplyDelete
  54. kak mau tanya nih kalau bb diatas 60 dan tb 160 bisa masuk gak kak, sebelumnya terimakasih :)

    ReplyDelete
  55. kak mau tanya nih kalau bb diatas 60 dan tb 160 bisa masuk gak kak, sebelumnya terimakasih :)

    ReplyDelete
  56. @susmika: Bisa dik ..santai aja...klo bb/tb ga trlalu masalah sih..

    ReplyDelete
  57. oh iya kak kalau jurusan pllu nya ikut tes fisik juga kak ?

    ReplyDelete
  58. oh iya kak kalau jurusan pllu nya ikut tes fisik juga kak ?

    ReplyDelete
  59. oh iya kak kalau jurusan pllu nya ikut tes fisik juga kak ?

    ReplyDelete
  60. Tes fisik itu wajib dik..uantuk semua jurusan

    ReplyDelete
  61. oh iya-iya kak makasih ya kak :)

    ReplyDelete
  62. oh iya-iya kak makasih ya kak :)

    ReplyDelete
  63. ka mau tanya link situsnya apa ya ka ? terus apa pendaftarannya masih dibuka ?

    ReplyDelete
  64. @taupis:Coba cek aja ya di postingan kk yg trbaru..ttg sipencatar dephub 2015..ada formulirnya disitu..good luck

    ReplyDelete
  65. Hai kak, aku mau tanya. Aku punya masalah di bentuk rahang, gigi, dan tb. Kira kira dipermasalahin gak ya kak untuk seleksi masuk llu? Terima kasih sebelumnya kak:)

    ReplyDelete
  66. Hai dik maju aja terus..jgn menyerah sebelum perang..nobody perfect,,,bukan?klo ngikutin tuntutan tes kesehatan sipencatar mgkn ga ada satu calon taruna yg lolos..kuncinya berdoa dan berusaha..klo gigi lobang ya ditambal..kalau Tuhan berkehendak pasti kita lolos..

    ReplyDelete
  67. Kak aku mau tanya, tolong direspon ya. D III Lalu Lintas Udara itu sama tidak dg ATC? Lalu kalau prospek kerja jurusan yg lain seperti Komunikasi Penerbangan dan Operasi Bandar Udara itu bagaimana kak? Balas Ya. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. D3 llu /d3 pllu sama aja dgn atc dik...klo prospek kerja sama aja dgn KOM Pen krn lulusanx cuma dri atkp/stpi tp klo obu..sainganx ckup bnyak krn dri univ umum juga ada

      Delete
  68. kak di atkp surabaya kok gak ada jurusan ATC nya ya ?
    kalo masuk DIII lalin bisa ga kak nanti lulus jadi atc ?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama lain jurusan ATC itu d3 llu dik..di atkp surabya buka kok..buruan daftarx..hri senin tgl 1 juni trakhir

      Delete
  69. untuk tahun 2015 ATC di curug menerima berapa taruna kak ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  70. Klo sial kuota penerimaan taruna kk ga tau dik☺

    ReplyDelete
  71. ka' klok di tahun 2016 nanti ada penerimaan taruna baru gak.?

    ReplyDelete
  72. Klo pastinya kk kurang tau dik..biasax tiap taon ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak mau tanya , yg mempengaruhi lolos atau tidaknya masuk STPI itu cuma tes nya ya kak?
      kalau nilai sekolah dan UN mempengaruhi atau tidak ?

      Delete
  73. kak mau tanya , yg mempengaruhi lolos atau tidaknya masuk STPI itu cuma tes nya ya kak?
    kalau nilai sekolah dan UN mempengaruhi atau tidak ?

    ReplyDelete
  74. kak, untuk tinggi badan'a kalau pas sekali di standar'a gimana? *misal, cowok pas sekali 160cm kemungkinan diterima'a gimana kak??
    terima kasih :D

    ReplyDelete
  75. Wah ini jurusan bagus baget kayaknya, kenapa coba q baru ta sekarang,, huft jd pengen..
    kira2 masih ada kesempaan gak ya?? secara usiaku 25th, jurusan akuntansi, tp pengeeeeeeen bgt bs jd ATC, ada pencerahan mungkin bisa sekolah dimana, kalau bisa sih diindonesia aja yg bisa dg usia berapa aja, klopun harus kluar ngri, yg bgus dna y?

    ReplyDelete
  76. @basir:setau kakak yg plg bdpengaruh tes nya aja dik
    @widi: bisa dik..klo rejekimu disini pasti kmu lolos
    @tri:coba baca postingan sekolah atc swasta pertama d indonesia..klo di LN yg dekat bisa d australia or singapore..

    ReplyDelete
  77. kak,kalau mau masuk STPI berapa biaya yang harus di siapkan kak

    ReplyDelete
  78. Ga sabar nunggu sipencatar 2016 semoga diterima dan bisa buat bangga ortu amiiinn.. doain yaa kaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro,salam kenal kamu mau daftar stpi curug jga ya tahun ini ?
      Aku mau cari temen nih,kebetulan aku dri sumatra haha

      Delete
  79. kak,apa semua jurusan tinggi badannya harus sama..untuk pilot & teknisi pesawat terbang apa nggak harus lebih tinggi ?
    saty lagi, sekolah penerbangan yg di banyuwangi itu milik dephup juga nggak?
    terimakasih :D

    ReplyDelete
  80. kak aku tahun ini lulus SMA, nah aku ini jurusan Rekayasa Perangkat Lunak pas dismk, kira2 itu bisa g ya? nah, disisi lain akutuh g bisa sit up, pus up kak, bagaimana ini kak? ini bahay g ya?

    ReplyDelete
  81. adakah diantara kalian yang mau tes stpi dari ntb?
    lagi nyari temen ni buat tahun ini

    ReplyDelete
  82. Kak kalo jurasan seperti itu sekolahnya dimana ya? Trus apa aja yg menjadi bahan testnya?

    ReplyDelete
  83. kak..sekarang saya masih SMA di jurusan IPS...apakah saya bisa masuk di penerbangan..
    kalau boleh tau,,jurusan apa yang cocok buat anak IPS..?

    ReplyDelete
  84. kak..sekarang saya masih SMA di jurusan IPS...apakah saya bisa masuk di penerbangan..
    kalau boleh tau,,jurusan apa yang cocok buat anak IPS..?

    ReplyDelete
  85. Selamat siang kk,btas usia brp y bisa ikut kul ATC?Ada batasan umur ga?thanks

    ReplyDelete
  86. Kak, pingin daftar di atkp PLLU, tp september tahun depan umur udh 24....bisa gak ya kak?

    ReplyDelete
  87. kak mau nanya,saya mau jadi ATC tapi saya takut kalo nanti saya buat kesalahan trus saya dipenjara, emang bener ka? trus peraturan di asrama apa aja ya ka? makasih ka

    ReplyDelete
  88. @gusva: untuk biaya tanyakan lgsg k kampus yg dituju dik
    @immaduduin:kalo g salah untuk pilot n teknisi tinggi badannya beda dik..(lihat aja persyaratan di tahun tersebut..) yg d banyuwangi negeri dik punya dephub..dftranya lwat sipencatar jga
    @risfaeni:klo g salah jurusan SMK komputer 2015 kmrn udh bisa dik..(tpi kembali lgi ke persyaratan sipencatar pas kamu daftar sih..klo pas kmu dftr menerima jurusan komputer/IT kmu tinggal jelaskan pas mo dftr bahwa jurusanmu itu masuk d komputer/IT cuma namanya aja rekayasa perangkat lunak)
    @aqila:bisa d atkp/stpi..dibaca2 aja y blognya
    Yuni:bisa dik..lihat aja formulir sipencatar pas kmu mau dftr
    @rika;yg negeri maks23 thn dik..klo yg swasta min 21 thn
    @yogi:dftr yg swasta aja dik
    @novia: ga dik,,kmu kan nt dilatih biar bisa kerja..jd atc gampang kok dik,,tpi semua pekerjaan ada tanggung jawabnya..tp ga pernah ada atc di negara ini yg di penjara.

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. kak apakah atc nrima ank ips...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak..di formulirnya ksn ada nilai fisika..sedangkan di jurusan IPS gak aada mapel fisika...
      klwpun ada tpi kan cuman lintas aaja ...

      Delete
    2. klo sipencatar sebelumnya anak IPS bisa dik..tpi kk ga tau apa tahun ini terima ato ga..soalnya aturan tiap tahun bisa berubah2.

      Delete
  91. Kak, saya mau nanya 😄
    Saya kan sekarang masih kelas 3 di kursi SMK jurusan RPL..
    Nah niatnya mau daftar diSTPI Curug, Tangerang nih kak bagian PLLU 😄

    Menurut kaka masih ada peluang masuk engga ya 😄 terakhir saya liat info nya, Jurusan TKJ yang bisa masuk.. Tapi biar lebih pasti, saya nanya hehehe 😄

    Terimakasih sebelumnya 😁

    ReplyDelete
  92. soal itu kk ga tau dik..lbh tepatnya tanyakan k STPI lgsung..good luck ya

    ReplyDelete
  93. Hai kak...
    Kalau pendaftaran STPI / ATKP untuk tahun 2016 udah buka belum ka'? Bukanya kapanya?
    Menurut kakak ATKP yang bagus dimanaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal,mungkin tahun ini tepatnya bulan 4 april-mei,kamu mau ngambil stpi juga ? Aku lgi cari2 temen nih buat disana huhu

      Delete
  94. Replies
    1. aturan tiap tahun beda2 dik..kadang IPS bisa kadang ga..nanti di cek aja di formulir sipencatar wktu kamu mau daftar

      Delete
  95. Kak Cara daftar nya ini gimana ya? syarat nya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut sipencatar dik..syarat sipencatar tiap tahun hampir sama..cba kamu liat di sipencatar 2015

      Delete
  96. mau nanya kk adakah jurusan MTU d atkp makassar ??

    ReplyDelete
  97. kk krg tau dik..cba tanyakan lgsung k pihak kampus

    ReplyDelete
  98. Malam kak, saya Syifa.

    Saya sangat terkejut stlh lihat biodata kakak di blog ini krn saya krg lbh seperti itu (I've been dreaming of working at the airport since I was like 13 y-o and I'm 20 now). Bedanya, saya udh terlalu telat utk tau hal ini dan saya sdg mengejar S1 namun saya sendiri jg tdk tau kalau ternyata ATC hrs ada license.
    Kira-kira, apakah saya sdh telat utk mengikuti kelas ATC? saya kemungkinan lulus kuliah umur 22/23 thn. Saya sempat berfikir ingin putus kuliah saja dan fokus ke ATC. Saya sangat ingin mengejar cita2 itu tp saya terlalu takut utk melakukan hal itu. Apa ada pengaruh IPK selama kuliah jg?

    Terima kasih atas bantuan/masukannya, Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat mengharapkan balasan kakak krn itu dapat membantu saya utk memutuskan pilihan :)

      Delete
    2. hmm..pilihan ada ditangan kamu sih dik..tp untuk test atc umur maks 23 thn..saran kk coba aja test dlu..banyak kok yang seperti kamu..klo kuliah umum kan ga ada batasan umur..klo di stpi/atkp ada..lagian setelah lulus dari sini yg s1 umum bisa juga kamu lanjutin lgi kan..kk sendiri lanjut kuliah s1 setelah jd atc.

      Delete
  99. Kak aku mau tanya aku dr SMA jurusan IPS dan rencananya aku mau masuk STPI ATC bagian komunikasi apa bisa kak? Terus pelajaran apa yang harus dikuasai kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dik soal jur IPS cba divcek lg syaratnya di form pendaftaran sipencatar kcz kadang2 dibuka buat IPS kadang2 ga brdoa aja smg pas kamu masuk ada buat ips..kamu bisa baca2 di blog ini ya.

      Delete
  100. kak di makassar ada sekolah penerbangan jurusan ATC ngk? dan kalau jurusan ips apa boleh ikut sklah penerbangan?

    ReplyDelete
  101. Haiti kaaa mau Tanya kalo punya skoliosis ringan gimana

    ReplyDelete
  102. owh, kk atc makassar, sya rencana mau masuk ATKP Makassar kak, tmpatnya yg d batangase kan kak ?
    .
    . bsa gk mnta nmor hp atau pin bb kk ? sya tinggal di bandara lama kak, klw kk dimana ?

    ReplyDelete
  103. Halo kak.! Ku mau nanya nihh.. kalo KP itu kerjanya apa kak.? Aku liat KP cuman ada di STPI Curug.

    ReplyDelete
  104. Kak kalo jurusan Penerangan aeronautika kira2 prospek kerjanya bagus tidak?

    ReplyDelete
  105. Kak kalo jurusan Penerangan aeronautika kira2 prospek kerjanya bagus tidak?

    ReplyDelete
  106. kak kalau jurusan teknik pesawat udara setara d2.. bisa gak nantinya kalau udah lulus mau lanjut ngambil d4nya ??

    ReplyDelete
  107. ka persaratannya di stpi tinggi badannya berapah ya

    ReplyDelete
  108. ka persaratannya di stpi tinggi badannya berapah ya

    ReplyDelete
  109. Mbak mau tanya yang saya tau sekolah penerbangan itu stpi dan atkp selain itu apa lagi ya mbak yg di bawah naungan dephub (khusus transportasi udara)

    ReplyDelete
  110. Semua jurusan materi tes nya sama semua ya kak (MATEMATIKA, FISIKA, BHS.INGGRIS) saya mau masuk MTU tpi dri IPS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo bagus. Jurusan MTU hanya Matematika dan B inggris ya, fisikanya nggak ada

      Delete
  111. Kak mau nnya saya ingin juga jadi salah satu ATC, saya rasa itu profesi yang sangat bagus, tapi apakah bisa kak jika kita bermasalah dengan pendengaran, soalnya pendengaran saya kurang jdi memakai alat bantu pendengaran. Jadi mohon saran ya kak, terimakasih

    ReplyDelete
  112. hai dik saran kk cobalah terlebih dahulu..jangan menyerah sebelum berperang..soal lolos/tidaknya itu semua serahkan pada kehendak Tuhan yang maha kuasa..tak ada yg mustahil klo Tuhan berkehendak,,tapi ingat berdoalah apapun hasilnya itu adalah yg terbaik bagi kamu,,lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali..good luck

    ReplyDelete
  113. Kak mau nanya saya sudah melakukan test kesehatan, tapi saya terkena varises ringan di kaki kiri. kira2 bisa tembus nggak kak ?
    STPI CURUG jurusan ATC nya. terima kasih

    ReplyDelete
  114. Kak sekolah atc itu berapa lama ya?

    ReplyDelete
  115. itu jurusan IPS ap IPA kak/?

    ReplyDelete
  116. itu jurusan IPS ap IPA kak/?

    ReplyDelete
  117. saya mau tanya..saya kuliah teknik elektro...jurusan apa yang harus saya ambil agar bisa kerja sebagai ATC atau harus training dulu atau sama saja harus ambil D3 ALLU dulu agar dapat lisensi?? makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jdi ATC harus kuliah min.d3 ATC dik, di STPI/ATKP, bisa juga setelah s1 lanjut di sekolah ATC swasta untuk mendapatkan lisence ATC ,namun untuk yg swasta kendalanya sampai saat ini kk blm dengar ada lulusan dari sekolah swasta trsebut bekerja di AIrNav.oh y kesempatan test sipencatar stpi/atkp hnya smpai usia 23 tahun.

      Delete
  118. Mau minta saran, anak saya diterima di pens ikatan dinas dengan GMF dan STPI Curug DIV PLLU. Saya bingung, mana yg harus dipilih. Sedangkan di Pens GMF sudah bayar uang kuliah dll, apakah harus ditinggalkan, sedang masuk STPI masih harus bayar uang kuliah lagi...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak ibu/bapak hebat bisa lulus di 2 tempat favorit...keduanya sama2 bagus..tapi saran saya kembalikan ke anaknya lagi dimana passionnya..
      karena jurusan keduanya sangat berbeda..yg satu ke arah teknik dan yg satu ATC.

      Delete
  119. Boleh gak bawa hp atau laptop saat kuliah di STPI...?

    ReplyDelete
  120. Kak, saya mau masuk STPI di bagian ATC, tapi saya berkacamata. Bisa atau engga kak? Karena saya dari dulu udah pengen banget jadi atc

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dik sebenarnya tidak bisa..tpi saran kk maju saja,jgn menyerah sebelum berperang..kalau Tuhan berkehendak tidak ada yang mustahil kamu lolos disini

      Delete
  121. Ka. Saya sudah S1 MTU, tapi blum punya Lesson.
    Bagaimana klo saya ikut diklat ATC. Apakah bisa.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut diklat ATC bisa aja,tpi harus tes sipencatar dulu..umur maksimal 23 tahun.

      Delete
  122. Ka. Saya sudah S1 MTU, tapi blum punya Lesson.
    Bagaimana klo saya ikut diklat ATC. Apakah bisa.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja dik,,,saran kk masuk aja di sekolah ATC swasta..krn masa belajarnya cuma 10 bln

      Delete
  123. kak mau nanya, tes tulis nya itu gimana ya? dan apa aja?
    terus juga apa nilai rapot berpengaruh ke penerimaan? atau sepenuh nya berdasarkan hasil tes? terima kasih kak.

    ReplyDelete
  124. Salam IATCA,..
    Semoga anak saya bisa kelak bisa gabung di STPI CURUG jurusan keselamatan penerbang program PLUU Atau ALLU
    Maaf Kak Chadler_ATC sekarang ATC dibandara mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam IATCA..ternyata ada senior yg baca blog ini (jd malu hehehe) sya anggotanya pak Pong pak

      Delete
  125. kak kalau mau kerja di ATC aku pilih jurusan yang mana ya LLU Atau Komunikasi Udara Ya?kalau ada gigi yang gingsul apa masih bisa masuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ATC ambil LLU dik..Komunikasi Penerbangan itu untuk jurusan KOM beda sama ATC..gigi ginsul ga masalah kok dik,,

      Delete
  126. halo ka, kalo untuk atc swasta dimana ya?

    ReplyDelete
  127. Kak, universitas terbaik untuk atc atau allu apa ya kak?

    ReplyDelete
  128. Hai kak.. aku mau nannya di STPI ada beasiswa gak? harap dibales ya kak.. makasiih

    ReplyDelete
  129. Kak tinggi badan minimal brpa kalo masuk stpi?
    Terus kalo gigi gingsul bermasalah ngga?

    ReplyDelete
  130. kk mau tanya. klo pilotnya ujiannya apa saja y ? trus min toflnya ada?

    ReplyDelete
  131. permisi kak mau tanya
    saya wna apakah bisa sekolah atc di indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yg negri harus WNI..klo yg swasta kk krg tau ya dik..kyakx bisa

      Delete
  132. Ka aku mau tanya deh dijawab ya ka hehe. Aku masih bingung, bedanya jurusan komunikasi penerbang sama pllu apa ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo KOMPEN itu untuk daerah yg tidak bisa dijangkau dgn peralatannya ATC khususnya radio VHF..biasanya di bandara2 kecil krn komunikasi pke radio UHF

      Delete
  133. Kak, untuk lulusan SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak apakah bisa menjadi atc?

    ReplyDelete
  134. kak mau tanya,, ini aku nyoba daftar ambil d3 management penerbangan, nah itu kalau lulus apa bisa jadi atc. trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa dik..beda jurusan...klo mau atc ambil PLLU

      Delete
  135. Kak mau nanya sebentar lagi ada sipencatar STPI ada beberapa yng masih mengganjal semoga dijawab , jadi gini
    1). test tulis STPI tipe soalnya itu mengarah ke UN atau ke SBMPTN ?
    2). Mengenai gigi palsu apa diperbolehkan?
    3). Mengenai tanda lahir ( tahi lalat) di area wajah itu masalah yg concern?
    Tolong dijawab kak diriku sedang bimbang fan butuh pencerahan

    ReplyDelete
  136. Kak,aku mau nanya nih apa yang punya tinggi dibwh 155 bsa ikut mndftr PLLU dn ikut ujian?

    ReplyDelete
  137. Kak aku mau nanya. Ini Aku kan sedang kuliah di salah satu perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta mengambil jurusan S1 Teknik Penerbangan. Di sni aku mengambil konsentrasi Operasi Penerbangan. Apakah kedepannya aku bisa menjadi ATC ? Rencana kedepannya setelah lulus kuliah mau ambil sekolah ATC. Saran kakak Aku masuk skolah mana selain STPI ?

    ReplyDelete
  138. Kak, kalo misal ada masalah kesehatan pada mata misal minus gitu apa masih bisa diterima jadi ATC? Makasih kak, semoga dibalas

    ReplyDelete
  139. Kak, saya mau tanya.untuk yang berkacamata jurusan apa yang bisa diambil?Mohon bantuan nya kak terimakasih

    ReplyDelete