My Course : PLLU 2 ATKP Makassar

My Course : PLLU 2 ATKP Makassar

Friday 22 May 2020

Program Akademik Pendidikan ATC



Halo everyone, welcome to my blog chandleratc, Di artikel kali ini kk akan membahas tentang pilihan program akademik untuk ATC. Untuk program akademik ATC di Indonesia ada 4 yaitu :

1.    Program ATC Non Diploma (ND)
2.    D2 Pengatur Lalu Lintas Udara (RLLU)
3.    D3 Penilik Lalu Lintas Udara (PLLU)
4.    D4 Ahli Lalu Lintas Udara (ALLU).




Allright, let me explain one by one ya..

1.    Program ATC Non-Diploma
Program non diploma ini kalo kata kk special course ya, karena untuk di Indonesia aviation school (IAS) salah satu syarat pendaftarannya  harus memiliki ijiazah D3 atau S1 dari universitas lain terlebih dahulu barulah bisa masuk ke program Non diploma ATC ini. Lama pendidikan Cuma sekitar 10 bulan aja. Tapi Lisensi yang didapatkan dari program non diploma ini Cuma lisensi Aerodrome control Tower (ADC). Jadi ketika di lapangan kerja kalian hanya bisa memandu pesawat di tower saja. Program ND ini cocok bagi kalian yang ingin jadi ATC tapi karena satu dan lain hal tidak bisa diterima di STPI/ATKP. Atau kalian yang saat ini sedang kuliah di semester akhir bahkan sudah lulus kuliah dan ingin jadi ATC. Disisi lain menurut kakak, program ND ini cocok bagi kalian yang ingin jadi ATC tapi tidak ingin sekolah di sekolah kedinasan yang system pedidikannya semi-militer. Jadi kalian ga perlu lari keliling lapangan, push up –sit up setiap hari seperti teman2 yang di STPI/ATKP. I mean, life is choice ..kalau untuk jenjang karir di ATC memang program ND ini agak berat di awal. Kenapa ? in my prespective, karena mulainya juga dari bawah ..harus banyak bersabar menunggu antrian disekolahkan oleh perusahaan. Lama tidaknya sekolah APP non radar dan akhirnya sekolah APP radar itu berbeda-beda..Anyhow,program ND ini bisa juga sebagai batu loncatan dalam karir karena pada dasarnya  lulusan ND ini sudah punya ijazah d3/s1. Dari umum, jadi incase ada kesempatan untuk hijrah ke bidang lain di perusahaan misalkan ke management atau administrasi bisa juga. Malah jadi nilai plus krn sudah punya experience di bidang operasional. Semuanya kembali lagi ke rejeki masing-masing...krn menurut kakak selama kita bekerja dengan jujur dan tekun pasti suatu saat kita akan di promosikan juga. Dan ga menutup kemungkinan bisa jadi Pejabat di masa depan. Who knows?


2.    Program D2 Pengatur Lalu Lintas Udara (RLLU)
Pada program D2 ini lisensi yang didapatkan sama seperti program Non diploma hanya lisence ADC atau tower aja..tetapi yang membedakan untuk program d2 ATC ini bisa langsung dari lulusan SMA/SMK. Cuma sepengetahuan kakak program d2 ini sudah lama banget ga dibuka di STPI/ATKP. if im not mistaken program d2 regular terakhir itu tahun 2006. Kalaupun ada, biasanya specialcourse buat pegawai atau putra daerah..so kk ga akan bahas panjang lebar di artikel ini.

3.    Program D3 Penilik Lalu Lintas Udara (PLLU)
 (bagi yang masih bingung bedanya tower dan APP bisa lihat di video kakak sebelumnya) Kalau menurut kakak program D3 ini sudah cukup untuk memulai karir di ATC. Kenapa karena ketika di dunia kerja nanti, ada banyak kesempatan buat sekolah APP radar. Dan seluruh biaya pendidikan sekolah radar itu gratis krn dibiayai oleh perusahaan. Kak berapa lama waktu yang dibutuhkan dari lulusan d3 untuk bisa sekolah APP radar ? sekali lagi setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung rejeki yah ada yang cepat karena kebutuhan SDM, dan ada juga yang lama karena yang bersangkutan memang tidak mau disekolahkan lagi oleh perusahaan dengan alasan ga mau dipindahkan di bandara lain. Karena salah satu tujuan perusahaan untuk menyekolahkan karyawan yaitu agar ketika karyawan tersebut selesai pendidikan ilmu yang dia dapatkan bisa diaplikasikan di lapangan.

4.    Program D IV Ahli Lalu Lintas Udara (ALLU)
Untuk program D IV ALLU ini setiap tahun dibuka di STPI..lisensi yang di dapatkan adalah ADC atau Tower,  APP non-radar, dan APP radar. Menurut kakak program D IV ini adalah program yang almost komplit untuk berkarir di ATC. Kenapa kk bilang almost komplit, karena sebenarnya masih ada pendidikan2 lain lagi yang sifatnya mandatory ataupun suplementory…namun sekali lagi itu semua bisa kita dapatkan ketika kita sudah menjadi karyawan..

No comments:

Post a Comment