My Course : PLLU 2 ATKP Makassar

My Course : PLLU 2 ATKP Makassar

Friday 4 January 2013

all about Pendaftaran Sekolah Penerbangan

Happy new Year to You,,,,
tahun baru semangat baru..
oke seperti komitmen aku sebelumnya pada kesempatan ini aku mau share tentang Sekolah Penerbangan di Indonesia yang murah bahkan gratis!!!!

Siapa bilang sekolah penerbangan itu mahal? Pemerintah melalui Departemen Perhubungan Republik Indonesia sejak jaman tempo doloe sampai saat ini selalu membuka program yang dikenal dengan SIPENCATAR (seleksi penerimaan calon taruna ) untuk dididik menjadi Perwira Transportasi Darat,Laut dan
udara di lingkungan Departemen Perhubungan.


Sipencatar biasanya dibuka sekitar bulan februari setiap tahunnya, oh ya soal biaya pendaftaran murah aja kok, tahun 2012 kemarin cuma 75ribu aja (bandingkan dengan SPMB). Buat adik2 yang tinggal di daerah, ga usah khawatir karena setiap tahunnya SIPENCATAR Departemen Perhubungan secara serentak dibeberapa propinsi yang tesebar dari Sabang sampai Meruke. Jadi ga perlu ke sekolahnya langsung untuk mendaftar. Buat adik2 yang berminat daftar rajin2lah mengecek di google dengan kata kunci : SIPENCATAR DEPHUB 2013 atau langsung mengecek  pengumuman resmi di website Badan Pengembangan SDM Perhubungan..

Soal biaya jangan khawatir karena rata-rata disubsidi oleh pemerintah..semacam beasiswa gitu dech. Tetapi setiap tahun dan setiap kampus berbeda-beda, oleh karena itu ada baiknya peserta mengkonfirmasikan dulu ke pihak kampus apakah jurusan yang dia lamar itu subsidi pemerintah atau swadana. Sebagai contoh pas angkatan aku (sipencatar 2007). aku lulus di ATKP Makassar jurusan D3 Penilik Lalu Lintas Udara (PLLU),waktu itu sluruh biaya pendidikan dan asrama full subsidi pemerintah, tetapi untuk biaya makanan sehari-hari, seragam, laundry aku harus bayar 500rb setiap bulannya.
Berbeda dengan teman rumahku yang dari STPI Curug  jurusan D3 Penilik Penerangan Aeronautika (PPA) angkatan 2007,dia subsidi pemerintah juga,tetapi lebih murah, bahkan pernah satu semester cuma bayar 300rb untuk semuanya.
Ada juga temanku yang dari STPI Curug angkatan tahun 2008 jurusan D2 Pengatur Komunikasi Penerbangan ( RKP) yang tidak mendapat subsidi pemerintah (swadana) kalo ga salah sampe lulus dia habis sekitar 50 jutaan!

Tapi menurut pengalaman aku, di ATKP selama ini setiap angkatan selalu mendapat subsidi pemerintah, belum pernah saya dengar ada yang swadana.

untuk persyaratan umum pendaftaran dan informasi lebih lengkap  saya sajikan Formulir SIPENCATAR tahun 2012 .semoga bermanfaat.

Saat ini jarang ada sekolah yang menerapakan sistem ikatan  dinas, hal ini menurutku sangat baik karena kita sama  sekali ga terikat dan begitu lulus kita bisa bebas memilih ke instansi mana kita ingin bekerja,baik Pemerintah (PNS), Angkasa Pura (BUMN) atau pihak swasta yang bergerak di dunia Penerbangan. Its up to you!
Peluang kerja ke depan pun sangat besar, saat ini hampir tidak ada Taruna lulusan sekolah Penerbangan yang menganggur, bahkan ketika masih di pendidikan banyak yang sudah dilamar oleh Instansi atau perusahaan.








1 comment: